Kisah “Purnama” Keluarga Miskin Yang Tidak Mendapat BLT Covid19

oleh -817 views

 

Belinyu, terbitanbabel.com – Purnama Limbong warga Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka, sangat merasakan dampak ekonomi akibat pandemi virus covid19, terlebih sebelum wabah ini juga sudah tergolong masyarakat miskin.

Hal ini terlihat dari bangunan rumah dan fasilitas rumahnya yang seadanya.

Awak media terbitanbabel.com pun berkunjung kerumahnya Senin (27/4/2020) pukul 17.00 wib, untuk menanyakan apakah sudah ada pendataan penerima bantuan langsung tunai oleh aparat desa.

Purnama bercerita bahwa tidak ada yang datang kerumahnya tetapi Ia mendatangi ketua RT karena Ia berharap untuk mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT), dikatakannya,  menurut penjelasan ketua RT sudah menyerakan datanya ke pemdes ,tapi datanya ditolak karenasudah mendapatkan bantuan bedah rumah dari pemerintah.

“Memang kami pernah mendapatkan bantuan bedah rumah dari pemerintah berupa bahan bangunan : semen batako, pasir ,kusen tapi kami tidak mampu untuk mendirikan bangunan rumah sehingga bahan bangunan tidak terpakai,” kata Purnama

Ia juga mengaku bahwa pekerjaan suaminya serabotan,kadang cabut ubi ,ngelimbang timah dan menambang timah ikut orang.

“Apalagi sekarang ini harga timah pun murah ,sudah 8 hari ini kami kesulitan untuk beli beras untung ada yang kasih beras ibu gembala (ibu pendeta),” ujar ibu lima orang anak ini.

Kepala Desa Gunung Pelawan, Junkim ketika dimintai tanggapannya terkait hal tersebut melalui ponselnya, Selasa (28/4 2020)  berharap mereka langsung kekantor supaya  bisa buka bukaan tentang regulasinya.

“Yang jelas kalau kita ikuti kriteria itu harus memenuhi 9 dari 14 kriteria warga miskin. Kemudian yang dapat BLT itu bukan penerima PKH dan PBNT kemudian dia di PHK dan belum dapat kartu pra kerja, belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah baik APBN maupun APBD,” jelasnya

Berkaitan dengan purnama karena terbentur dengan aturan/regulasi makanya pemdes tidak mendata menjadi penerima BLT dana desa karena sudah pernah dapat bantuan dari pemerintah walaupun rumahnya tidak jadi.

“Kalau keluarga Purnama sudah kami daftarkan ke kemensos untuk mendapatkan bantuan namun tidak tau kapan cairnya sama BLT juga dan di desa ini ada 16 KK yang kami daftarkan ke kemensos,” ungkapnya

Ketika disinggung jumlah warga Desa Gunung Pelawan penerima BLT Junkim menjelaskan sekitar 175 KK.

Untuk Desa kita ada sekitar 175 KK walaupun belum KTP dan KK disini tapi sudah berdomisili di desa ini dan layak sesuai kriteria kita daftarkan,” pungkasnya

(Budiman siregar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *